Pages

Sejarah Toyota Innova dan Generasinya

Siapa yang tidak mengenal perusahaan otomotif dengan slogan LET'S GO BEYOND ini, dari perusahaan inilah masyarakat dapat mengenal beberapa jenis mobil. Salah satunya adalah Toyota Kijang yang diluncurkan pada tahun 1977, Toyota Kijang inilah cikal bakal dari Toyota Kijang Innova atau lebih dikenal dengan nama Innova, mobil yang banyak dimintai oleh masyarakat Indonesia.

Mobil ini tidak hanya menguasai pasar Indonesia saja, mereka juga berhasil membuat 10 negara lain di dunia menaruh minat pada produk mobil yang hingga kini sudah memiliki dua generasi. Negara-negara tersebut adalah Malaysia, India, Thailand, Taiwan, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina, Vietnam dan Arab Saudi.

Dari awal, mobil keluaran Toyota ini memang sudah menyedot perhatian para penyuka mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Belum lagi desainnya yang gagah dan juga mewah, membuat mobil ini sangat diminati baik sebagai mobil keluarga maupun mobil dinas di kantor-kantor swasta dan negeri.

Toyota Kijang Innova ini memiliki dua generasi, generasi pertama diluncurkan pada tahun 2004 dan generasi kedua diluncurkan pada tahun 2015.

Sejarah Toyota Innova dan Generasinya

Generasi pertama

Toyota Innova pertama kali diperkenalkan ke pasar adalah pada tahun 2004. Mesin dari mobil generasi pertama ini menggunakan teknologi VVT-i 2000cc dan berjenis 1TR-FE dengan katup 16 DOCH. Untuk mesin diesel digunakan D4D (Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection). Di generasi pertama ini, tercatat ada 6 tipe yang diluncurkan, yakni tipe J, tipe E, tipe G, tipe V, tipe bisnis dan tipe luxury.

Dari ke enam tipe yang diperkenalkan tersebut, hanya Tipe Bisnis yang dijual di Indonesia dengan dilengkapi kaca engkol, powes steering, AC depan dan kursi untuk lima orang. Mobil generasi pertama ini sudah tiga kali mengalami perombakan atau penyegaran, di tahun 2011, 2013 dan terakhir pada tahun 2015. Untuk harganya sendiri, bisa dikatakan cukup mahal. Harga yang ditawarkan saat itu adalah berkisar pada angka Rp. 110.000.000 hingga Rp. 180.000.000,-


Generasi kedua

Tahun 2015, Toyota kembali menghadirkan generasi terbaru dari seri mobil ini. Mereka menamakannya All New Kijang Innova dan memiliki slogan THE LEGEND REBORN". Hal baru yang dimiliki oleh generasi kedua ini adalah teknologi mesin yang lebih mumpuni dan fitur keselamatannya yang baik, seperti Hill Assist Control. Fitur yang satu ini merupakan fitur terbaru pada perkembangan otomotif yang dimiliki oleh Toyota.

Pada generasi kedua ini mereka mempunyai tiga tipe mobil, All New V, All New G dan All New tipe Q. Dari ketiga tipe tersebut, tipe Q adalah tipe tertinggi dan sudah memiliki spesifikasi yang dapat dikatakan mumpuni. Tipe Q sendiri menggunakan 2 teknologi pada mesinnya, yakni 2.0L Dual VVT-i untuk bensin dan untuk diesel menggunakan 2.4l GD.

Sementara itu mobil ini juga sudah menggunakan sistem yang istimewa, karena memiliki Keyless Entry, Multi Information Display, Navigasi, Start & Stop Engine Button dan lainnya. Untuk sistem keamanannya, tidak perlu lagi diragukan. Karena sudah dipasangi dengan 6 SRS Airbag, Hill Start Assist, Adjustable Seatbelt, ABS dan Vehicles Stability Assist. Mobil ini juga dapat digunakan secara manual dan juga otomatis.

Untuk harganya sendiri, generasi type kedua dapat dibilang mahal. Harga yang ditawarkan berkisar diangka Rp. 260.000.000,- hingga Rp. 370.000.000,- dan secara keseluruhan baik generasi pertama atau kedua sudah memiliki kandungan lokal 80 - 85%, hal tersebut telah membuktikan jika mobil ini merupakan rakitan atau buatan Indonesia.

Ditahun 2017 yang lalu, Toyota juga meluncurkan varian terbaru dari seri kijang innova, yaitu Kijang Innova Venturer. Mobil ini memiliki kelebihan pada hal aksesoris yang membuatnya jauh terlihat elegan dan mewah. Namun untuk body luar dan juga mesin, mobil ini secara keseluruhan masih sama dengan tipe Q. Kisaran harga yang ditawarkan oleh pihak produsen terbilang lebih mahal daripada semua tipe, harganya berkisar diangka Rp. 400.000.000,- hingga Rp. 465.000.000,-

Pada dasarnya mobil Innova merupakan mobil dari seri Toyota Kijang yang secara umum mengusung tema minibus. Mobil ini juga merupakan salah satu produksi Toyota yang menggunakan platform IMV selain Toyota Hilux dan Toyota Fortuner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com